Hati-Hati Penipuan!!!

     Belom lama ini kejadian penipuan telah terjadi, yang tragisnya adalah teman kerja saya sendiri yang jadi korbannya, penipuan ini dengan cara menjajikan memberi hadiah kepada korbanya, dan hebatnya sang penipu mengaitkan dengan fakta yang ada.


   Sebut saja  korban berinisial Y, Pak Y ini salah satu pengguna kartu Telkomsel, Tapi pak Y ini belum lama menggunakan Karu tsb. yahh.. masih itungan bulan. Saat itu saya mendengar perbincangan mereka tentang mendapatkan telepon bahwa pak Y di nyatakan sebagai salah seorang pemenang undian, di sela-sela perbincangan mereka saya ikut nimbrung, dan mendengarkan apa yang mereka bicarakan, Dan saya langsung repon melontarkan pendapat, Setau saya Telkomsel tidak memungut biaya kepada pemenang. dan saya menggunakan telkomsel bertahun-tahun, kalau kalian masih bingung mendingan kalian telepon ke operatornya Telkomsel di nomor 116. 
   
    Dan dia menelpon 116 atau tidak saya kurang tau, karena saya masih sibuk dengan kerjaan saya, Kata pak Y si penelpon (penipu) membawa nama Alloh dan mengakui bahwa dirinya Haji kepada Pak Y, hasilnya pak Y percaya, didalam perbincanganya saat menelepon penipu ini menyertakan bahwa sudah bekerja sama dengan Polres sekitar, karena hadiah yang di iminginya yaitu sebuah motor metik dan uang 5 juta, Pak Y pun semakin penasaran dengan apa yang mereka janjikan. Setelah itu penipu memberikan persyaratan kepada Pak Y , yaitu dengan mempoto copy KTP, dan penipu memberikan beberapa nomor HP untuk Pak Y. Ternyata Pak Y harus memberikan pulsa dinomor yang tadi diberikan dari penipu.






    Setelah pecakapan sengit ditelepon Pak Y bergegas pergi, dan saya tidak begitu tau percakapan mereka.
Pak Y meminta Bon/meminjam uang kepada Bossnya dengan alasan ada keperluan mendadak,dan dikasilah uang itu dan iya menuju Konter HP untuk mengisi pulsa ke nomor yang diberi dari sang penipu. dan anehnya yang membuat dia yakin bahwa pak Y yang berada di koter yang ia kunjungi si penipu tau persis, dalam bahasa kerenya di Intai. Penipu ini mengitai dan masih berkomunikasi dengan Pak Y menggunakan telepon,

   Sang penipu memberikan komando saat Pak Y melakukan Transaksi di konter HP, saat pak Y mau masuk kedalam Toko HP tersebut sang penipu melarangnya,dan pak Y pun kaget, "ko dia tau" dalam hati Pak Y berkata. semaki yakinlah Pak Y itu. Penipu memberikan arahan kepada Pak Y untuk Pindah toko HP untuk mengisi nomor yang lain,Karena Pak Y kehabisan Uang, dia mengeluh "saya udah tidak punya uang lagi karena saya blom gajian,"dia mengeluh dalam hati, Akhirnya dia Menggadaikan Hpnya. Penipu pun berkata kepada Pak Y, "semua toko HP di daerah sini adalah pelanggan saya,mereka jangan sampai tau, jika mereka macam-macam saya bisa jebloskan mereka(Toko-toko HP) ke penjara,"

   Dan sang penipu pun memberikan info bahwa besok pagi jam 8 di dua setasiun TV suwasta akan ditayangkan pengundian pemenang, "saya berbicara langsung kepada bapak ditelepon agar nanti saat saya menyerahkan hadiah bapak tidak kaget". kata sang penipu. Pak Y pun mengerti.
  Sebelunya pun Pak Y berkata kepada saya "kalau pun saya ditipu yaaahhh itung-itung amal aja..." .
"Yo wes  tak do'akan semoga kamu mendapatkan daah, nanti kalo dapet bagi-bagi pulsa ya hehe" Ujar saya...

   Setelah Kesokan paginya... weeehhh .. tak ada kejutan yang membahagiakan, malah sebaliknya kejutan sedih dan dongkol , udah uang dapet minjem, mengadaikan HP lagi ,,, kasian banget teman kerja ku ini ... 

ku hanya bisa mendo'akan ... dan Pak Y pun sabar dan lapang dada menghadapi kejadian ini.
Setahu saya pihak Telkomsel tidak memungut biaya dari pemenang. Untuk info lebih lanjut kunjungi  www.telkomsel.com .
 

   Semoga ini bisa jadi pelajaran kita semua, cermati dan pelajari terlebih dahulu dan jangan sungkan bertanya kalau ada yang tidak tau atau tidak mengerti kepada orang yang lebih mengerti.
dan saya teringat blog teman saya Cerita Anak Kost  yang membahas tentang menghadapi penipuan.
Untuk cara menghindari penipuan bisa anda kunjungi Ke Cerita Anak Kost .


Semoga Bermanfaat.


About the Author

Emmethe Rhamadhan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

11 komentar:

  1. wah modus baru juga ya tentang penipuan HP juga, ehm, ada ada aja ya dia. berarti dia juga ngincer ya gan. wah intinya harus ada pendamping nie klo pas lagi di telpon, supaya ga di iming imingi dan terbawa arus sehingga kita kehilangan semuanya.

    ReplyDelete
  2. ya ampuuun dasar penipu ada aja celahnya..

    ReplyDelete
  3. wahhh, semoga hal ini tidak terulang lagi deh..
    kita mesti berhati-hati banget

    ReplyDelete
  4. bro, sy pasang link mu di blog saya

    ReplyDelete
  5. eehh emang kok bisa lemah kali si Pak Y? apa dia gak di hipnotis tu.. lemah banget. padahal udah jelas dan mudah ditebak dia memang sedang ditipu..

    ReplyDelete
  6. iya saya jg sedikit heran, kayanya pengaruh hipnotis jg mungkin ,,,

    ReplyDelete
  7. emang kudu hati hati sob, jaman sekarang banyak sekali penipuan

    ReplyDelete
  8. tapi ada yang luku komentar di blog ku, katanya mahasiswa juga sering nipu orang tuanya bilang ga ada duit. heheh. bener juga tu, iya kali ya.

    ReplyDelete
  9. dengan berbagai cara para penipu untuk mengelabui korbannya ,,,

    disamping hati2 ,,, kita juga harus bersikap tenang agar bisa berfikir jernih ,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  10. wah mantaf artikel ini. Kalaw sudah bicara soal tipu menipu emang banyak sekali bersliweran di jagat internet maupun dalam dunia nyata. Contoh realnya aja pengemis yang menggunakan anak untuk menarik simpati. Apakah itu anak sendiri atau sewa?

    ReplyDelete
  11. Saya turut prihatin dengan kejadian tersebut. Semoga kejadian itu dapat kita ambil hikmahnya agar lebih waspada dan berhati-hati.

    Oh ya, tidak lupa saya sampaikan salam berbagi, Sob. Dan terimakasih atas kunjungan serta komentarnya di blog saya. :)

    ReplyDelete

 
Emmethe Share © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com