CARA MERAWAT PRINTER INFUS



   Beberapa Tips cara merawat printer infus saya bagikan, sebagian orang ingin menggunakan printer infus di karenakan kebutuhan untuk kerja yang setiap hari dipake, ada keuntungan lain dari manfaat printer infus,  tidak perlu lagi mengisi katrid dengan menyuntiknya , dan tidak hawatir dengan isi tinta kehabisan karena dengan infus bisa dipantau dari tabungnya.saya hanya sedikit saja membahas  keuntungan-keuntungan Printer infus, dan saya akan bahas  tentang cara merawat printer infus, 
bagi anda yang baru pasang infus pada printernya dalam hati anda bertanya-tanya, cara menggunakanya bgaimana ? atau perawatanya bagimana ? dll. semoga info dari saya bisa membantu anda .


Cara merawat printer infus agar lebih awet dan tahan lama adalah sebagai berikut :

1. Letakan botol infus sejajar dengan printer dan gunakan double tape agar botol tidak mudah terlepas. resiko tinta tumpah dan mengotori meja maupun dokumen-dokumen dapat diminimalisir.

2. Saat akan menggunakan printer, tutup botol kecil pada tabung infus sebaiknya dibuka dengan tujuan udara bisa masuk sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar.

3. Saat printer tidak digunakan, maka tutup botol kecil dan besar pada tabung infus harus tertutup rapat, hal ini untuk menghindari tinta banjir dan mengkibatkan catridge/head mengalami konslet(mati total)

4. Lakukan isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai 1/4 botol(Jangan sampai tinta pada botol benar – benar habis),Isi ulang  dengan cara buka tutup botol besar dan kecil kemudian masukkan tinta melalui lubang botol besar . setelah selesai tutup kembali kedua lubang botol dengan rapat. Dan Buang tinta buangan jika sudah ½ atau ¾ botol.

5. Biasakan membeli tinta isi ulang dengan merk yang sama karena masing-masing merk tinta memiliki karakteristik yang berbeda serta komposisi bahan kimia yang berbeda pula. resiko yang didapat apabila sering gonta-ganti merk tinta adalah catridge mampet dan lama kelamaan rusak.

6. Pada Printer merk Canon, apabila terjadi run out tinta yang biasanya ditandai dengan blink 4x, error E4, error E6, error E13, error E16 atau seprti gambar dibawah ini, maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik.

Reset katrid canon

        
7. Pada printer merk Epson, apabila catridge warna (merah, kuing, biru) tidak terbaca maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik dalam keadaan USB terlepas.

8. Biasakan menggunakan printer setiap hari, minimal 1 lembar untuk mencegah catridge/head printer mampet.

9. Apabila selang infus masuk angin atau ingin mensetabilkan warna tinta setelah melakukan isi ulang maka gunakan perintah Deep Cleaning pada pengaturan printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta banjir dan konslet pada catridge/head.

10. Apabila mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus. dianjurkan printer istirahat setelah mencetak 20-30 lembar agar catridge tidak cepat panas. setelah selesai menggunakan printer, matikan dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power suplay priter tidak cepat rusak.




Semoga Bermanfaat ...

About the Author

Emmethe Rhamadhan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

39 komentar:

  1. waah begitu yaa.. saya dulu juga pernah punya printer infus yang kini udah rusak karena gak dirawat. hikkss.. telat jumpa artikel ini.. heheheh

    ReplyDelete
  2. wah mantap nih tips yang bginian, komplit.. tapi berhubung lagi gak da printer, hmm disimpen dulu tips nya. hehhe

    ReplyDelete
  3. @Kini Aku Tau: hehehe :D aduh kasian tuh printer ga terawat hik..hik..hik.. :D

    @Asalasah: hehe yui sob ,,, :-bd

    ReplyDelete
  4. wah tambah wawasan lg nih..!? tambah pengetahuan, saya blm punya printer sob,tp makasih nih,dah d jelasin cara merawatx,jd ntr dah bs d praktekin.!? hehehehe

    ReplyDelete
  5. wah wah terima kaish banyak untuk cara merawat printer infusnya yach sobat...

    jadi bisa menambah pengetahuan sobat...

    ReplyDelete
  6. ENTU TUH yg ane cari,,coz' ane penggemar printer yang begonoan ..thank's nie infonya,jadi tambah ilmu nie wikiwiu

    ReplyDelete
  7. infusku bermasalah :( selangnya selalu nyangkut. gimana ngatasinnya?

    eh, kenapa ganti alamat url?

    ReplyDelete
  8. Nurmayanti Zain:
    diatur lagi peletakan selangnya ... :) pada saat printer mati..

    :D ga p2, kurang sreg dihati. kpingin nama n url tidak ada yang menyamai, mumpung blom banyak yang follow d blog baru ini. :D

    ReplyDelete
  9. oh begitu...
    ehm diganti link yang tertera di profil google+
    supaya pengunjung tidak kesasar dan kehilangan jejak ame

    ReplyDelete
  10. emang printer ini praktis dan murah si ya, tapi ya itu banyak kelemahanya pula kaya bocor, mampet dan lain sebagainya. heheh, emang keren nie tpis, setuju kalau printer harus di pake sehari sekali minimalnya ya. trus yang tutup itu ada fungsinya toh, aku kira apaan, ternyata gitu... ok gan, makasih nie tipsnya.

    ReplyDelete
  11. @Nurmayanti Zain:iya :D
    oya maksih sdah mengingatkan, ini jg masih edit,, :p

    @cerita anak kost: iya memang tutup itu dibuka biar ada udara masuk saat printer bekerja. yups sama-sama sob .. :)

    ReplyDelete
  12. . . oia aq mau tanya, emank nya selang nya itu harus di jepit ta?!? cz kebyakan temen^ kayak gitu. tapi kalo aq sich tak biarin aja. itu yang bener gimana sich?!? . .

    ReplyDelete
  13. ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ :
    yang dicepet ?
    biasanya selang dijepit untuk menghindari masuk angin pada selang setelah selesai kerja(ngeprin)atau saat printer akan menempuh perjalanan.
    kalau dibiarin aja tapi ga ada masalah ya ga apa2. dan setelah printer selesai digunakan tutup tabung ditutup. kalau tutp tabung ditutup dan mendapat masalh,pake cara menjepit selang ..
    :)

    ReplyDelete
  14. . . jadi lebih bagus kalo selang nya di jepit ya?!? . .

    ReplyDelete
  15. ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥:
    YUPS... untuk penceghan masuk angin pada selang / kebanjiran tinta pada katrid.

    ReplyDelete
  16. tq gan infonya....
    pntes aje punya ane rewel....
    salah perawatan gan....:))

    kunjungan balik + follback ya gan???

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. klo kita mau print katup kecil di buka nah klo udah selesai print haruskah katup kecil di tutup kembali( printer masih dalam keadaan hidup/on)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik ditutup sob klo printer ga kerja (dlm wktu lama)... tp kalau masih dipake dibuka aja ...

      Delete
    2. oh gtu maksih ya tas infox

      Delete
    3. OK sob sama2... maaf saya ga bisa kunjung balik Ke blog sobat , diprofil google+ sobat ga ada atribut Blognya ...

      Delete
  19. Nah ini yang ane cari, terima kasih kang buat ilmunya, bermanfaat sekali.

    Salam sukses selalu kang...

    ReplyDelete
  20. Lumayan nambah-nambah ilmu sob.. Makasih ya.. ^^

    ReplyDelete
  21. makasih info nya ,,, emng lg ngadat tuh print ....

    ReplyDelete
  22. gan tanya donk...
    kalo warna tinta keluarnya ngga jelas harus diapain ya??
    thanks..

    Usahaini.com Healthy Shop

    ReplyDelete
    Replies
    1. coab di head clening kalo , tetp ga bisa lita bagian bawah ketrid tintanya keluar semua gak, dilap pake tisu, kalo gak lancar , direndem dulu pake air hangat...

      Delete
  23. numpang nanya sob... kemarin sya beli epson L210 tpi saat isi tinta pertama lupa buka katup tintany, udah saya cleaning 10x lebih n coba prin tetep g' kluar tinta, skarng printer mlah g' mau ngeprint lampu tinta brkedip terus..
    tlong solisiny sob yg mkin bsa membantu msalh sya... trimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat headcleaning buka tutup tabung dan pastikan katupnya juga sob dalam keadaan terbuka ... :)
      ita saat mau ngeprin kode tinta berkedip biasanya di layar juga ada peringatan tinta habis... cek setatus tintanya...
      kalo nol , sobat bisa reset tintanya biar terdeteksi full lagi tintanya...
      maaf saya blom sempet bikin post cara riset Ink epson L200 series.. :)
      sobat bisa cari digoogle cara reset tinta Epson L200/L100, sama aja L210...
      :-bd

      Delete
  24. tadi udah tak reset ini udah bisa ngeprint tpi blum keluar tinta n bru mau saya cleaning, klo sering dicleaning kira" ada efek burukny g' bos... trimakasih dah dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur deh kalo udah bisa mah ;)
      Efek nya hhmm ,,, paling yang pasti Tinta berkurang, terus Head ketrid bisa membesar lubangnya(untuk canon) kalo Epson cukup kuat Headnya KECIL kemungkinan membesar, paling printer epson yg sudah tua , atau yg sering dipake. jika terjadi soluso ganti ketrid .

      kalo memang gak keluar ya harus di cleaning... :-bd

      Delete
  25. PERUSAHAAN LEMBAGA KEUANGAN TERBAIK DAN TERBESAR DI INDONESIA

    LOWONGAN : KONSULTAN DAN RECRUITMENT DEPT/HRD
    ( Rate Penghasilan : Rp.10 Juta-Rp.40 Juta/ Bulan , 110Juta/Bulan setelah tahun ke-4 )

    Lokasi Kerja di : Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor

    Persyaratan :
    - Pria atau Wanita
    - Usia 20- 49 tahun
    - Min. lulusan SMA,SMK,D3 dan S1
    - Mampu bekerja dalam Team work
    - Dapat mengoperasikan komputer
    - Memiliki atau mau mempersiapkan otak bisnis
    - Suka bergaul
    - Gaya bicara sederhana sehingga mudah dipahami
    - Saat ini masih aktif bekerja atau punya usaha sendiri

    Benefit:
    - Paradigma Sukses Karir dan Berbisnis
    - Rate Penghasilan : Rp.10 Juta-Rp.40 Juta/ Bulan , 110Juta/Bulan setelah tahun ke-4
    - Mengembangkan tim bisnis
    - Terbuka untuk beragam latar belakang profesi seperti; Karyawan, PNS, Guru, Wiraswasta, Mahasiswa, ibu rumah tangga, Buruh, dll
    - Bisa dimulai dengan part time/ paruh waktu
    - Komitmen mau menolong orang lain
    - Cukup meluangkan waktu 15 menit - 1 jam/ minggu untuk menjalankan karir ini

    Kirim lamaran dan CV Anda via Email :

    E-mail ke : smartvisi@yahoo.co.id
    cc : hrd@smartvisi.com

    atau Registrasi Karir di: www.smartvisi.com

    Hanya CV yang masuk melalui Email atau Registrasi dan kandidat yang memenuhi syarat yg akan kami proses lebih lanjut di kantor kami :

    APL Tower lantai 33
    Jl. Jend. S. Parman Kav. 28
    Grogol-Jakarta Barat - 11470

    ReplyDelete
  26. kalo sering clean ?
    soalnya jarang dipake

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sering2 sob .. nanti Headnya jebol...

      Delete
  27. Kalau cleaning at headcleaning tutup botol infus di tutup atau dibuka?

    ReplyDelete

 
Emmethe Share © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com