Muslim, Dan Ucapan Natal

         
       Pada 7 maret 1981 Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang saat ini di ketuai KH Buya Hamka, Menelurkan fatmah yang pokok isinya mengharamkan Umat Muslim mengikuti ucapan Natal, walaupun tujuannya hanya merayakan dan menghormati Nabi Isa AS.


       Fatwah itu juga mengharamkan Umat Islam mengucapkan "Selamat Natal" kepada umat kristen. dengan alasan akan menggoyahkan iman umat Islam, Karena sama saja mempercayai keesaan Yesus sebagai tuhan alam semesta.

       Jelang Natal broadcasts BBM soal imajiner, antara seorang muslim dengan rekannya yang beragama kristen, terkait pro-kontra boleh tidaknya umat islam untuk mengucapkan "Selamat Natal".


Berikut Dialog Imajiner:

Muslim : bagaimana Natalmu ?

David : baik,kamu tidak mengucapkan "selamat natal" kepadaku?


Muslim : Oh tidak. Agama kami menghargai toleransi antar agama, termasuk Agamamu. Tapi masalah ini (mengucapkan "selamat natal"), agam saya melarangnya.

David : Kenapa? bukankah hanya sekedar kata-kata? Teman muslimku yang lain, mengucapkannya padaku?

Muslim : Mungkin mereka belum mengetahuinya. David, kamu bisa mengucapkan dua kalimat syahadat?

David : Oh tidak, saya tidak bisa mengucapkannya. Itu akan mengganggu keimanan saya...

Muslim : Kenapa? Bukankah itu hanya kata-kata? Ayo, ucapkanlah!

David : Oke. Sekarang saya sudah mengerti (kenapa kamu tak mau mengucapkan "selamat natal"). 




Redaktur: Karta Raharja Ucu
Sumber Artikel
Semoga kita semua saling menghargai dan menghormati antar umat beragama... 
Bersatulah Indonesia ku 

About the Author

Emmethe Rhamadhan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

24 komentar:

  1. Hebat. Dialog imajinernya sungguh hebat. dapat darimana? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. noh udah saya cantumin sumbernya soh hehe :D

      Delete
  2. wah kemaren saya juga baca artikel yang sama sobat, saya juga bingung nih, karena teman-teman saya juga banyak banget yang non muslim.

    terus saya harus bersikap bagai mana donk, demi kedamaian antar umat beragama terutama dalam persahabatan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sikap, menurut saya kita tetep jaga toleransi antar agama...
      kisah ini menceritakn kalo Muslim melarang untuk mengucapkan "selamat natal"... bisa menggangu keimanan"
      saya yakin temen sobat dia bakal menghargai tentang hal ini...

      Delete
    2. dialog diatas intinya qt saling menghargai ...

      Delete
  3. dialog imajiner sdh jelas...antara kedua nya sdh saling menghargai dan menghormati....tanpa adanya perdebatan yg akan merugikan kerukunan antara umat beragama.

    damai indonesia ku..

    ReplyDelete
  4. klu saya pribadi menghormati mereka yg merayakan natal,krn itu hak mereka.
    tetapi tidak harus dong saya mengucapkan selamat pada mereka.toh mereka juga nggak minta ucapan selamat itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob...
      membiarkan masing2 memeluk agamanya dan menjalankan ibdahnya masing2... ga perlu ikut merayakan , atau ngucapin selamat, :)

      Delete
  5. tapi itu kan toleransi antar umat beragama, dengan cara apa pun sebenernya boleh kan asalkan jangan mengikuti aliran mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sih ilmu agamnya masih cetek sob,, jadi saya ngikut aja kata imam ,, hehe :)

      Delete
  6. Dari dulu sampai sekarang yg namanya ketidak serasian hubungan antar umat beragama selalu ada, nmin toleransi yg tinggi menyelesaikan semuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob ,, benr toleransi yang menyelesaikan pertikaian

      Delete
  7. memang benar kita tidak boleh mengucapkan selamat natal pada umat kristiani, katanya haram,,,

    ReplyDelete
  8. retorikanya tepat. sangat tepat. menginspirasi saya nih jadinya untuk berdiplomasi soal ini. makasihh banyak.

    ReplyDelete
  9. Wah saya juga dapet broadcast seperti itu sob hehe..
    Yah intinya memang bagi muslim menghindari mengucapkan natal, karena ini sudah ranah akidah, tidak ada tawar menawar

    ReplyDelete
  10. oh,..
    seperti itu toh gambarannya ?
    makasih, kang infonya ya ?
    salam hangat,

    ReplyDelete
  11. aq nggak ngucapin natal juag :p

    ReplyDelete
  12. walaupun telat.... tetep ngucapin met natall buat yang merayakan..

    ReplyDelete
  13. mantap sekali dialog'nya.. dengan dialog seperti tidak akan ada yang tersinggung, apa lagi menyangkut soal agama.. hehehe.. Nice.. :)

    ReplyDelete
  14. soal kaidah ada batasannya memang :D

    ReplyDelete
  15. .. alhamdulillah aq udah tau kalo masalah hal itu dari mamah, sebelum aq memakai jilbab. yachhhhh,, walo pun aq bukan ahli agama, namun alhamdulillah aq udah tau akan hal itu. he..86x ..

    ReplyDelete
  16. logis juga gan ilustrasi percakapannnya.

    ReplyDelete

 
Emmethe Share © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com