10 Golongan Teman Setan Dari Dunia Sampai Akhirat


    Bahwa Alloh SWT. Menciptakan manusia dan jin untuk melaksanakan ibadah kepadaNya. Manusia yang ingkar terhadap perintah ini dinamakan kafir, sedangkan jin yang mengingkari ini dinamakan setan.

    Adapun yang namanya Iblis pada hakekatnya cuma satu saja, yaitu yang ingkar pada printah Alloh untuk sujud kepada Nabi Adam AS. Iblis inilah yang kemudian menjadi sesepuh,raja, atau dedengkotnya para setan. Seluruhnya akan tunduk kepda komando iblis, akan taat dan setia kepada perintah iblis untuk mencari teman sebanyak-banyaknya guna menemani mereka di neraka nanti. Maka merekapau melakukan suatu proklamasi yang kita bisa baca dalam QS. Al-A'raf ayat 16 dan 17. Bahwa iblis dengan tegas mengatakan:



قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ثُمَّ لآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ وَلاَ تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Artinya: "Wahai Allah, "Dari sebab Engkau telah menghukum saya tersesat, saya akan benar-benar ( menghalang-halangi ) dari jalan Engkau yang lurus, Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).(QS. Al-A'raf : 16-17)

   Adapun Iblis dan setan sudah mnyadari betul, bahwa iblis dan setan tempatnya di akhirat nanti jelas neraka, itu sudah di sadari betul. Maka yang mereka lakukan sekarang bagai mana mencari teman sebanyak-banyaknya untuk menemani mereka di neraka nanti. Mereka berusaha dengan segala macam cara mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya, kalau mereka sendiri sudah tahu pasti sadar,nasib saya di akhirat nanti pasti masuk neraka di azab dan di siksa oleh Alloh, cuma saya begini lantaran ulah nabi adam dulu, maka anak-anak cucu Nabi Adam harus menjadi teman-teman saya sebanyak-banyaknya guna menemani saya di dalam neraka.

Diriwayatkan dari wahab bin munabbih, Bahwa pada suatu hari Iblis di perintahkan oleh Alloh untuk datang kepada Baginda Rosulullah SAW. Dan menjwab pertanyaan yang di ajukan oleh Baginda Nabi. Datang Iblis dengan bentuk orang tua dengan memakai tongkat (jadi iblis bisa malik malih ia termasuk jenis mahluk halus, seperti halnya jin dan malaikat, itu bisa malih warna sesui yang di kehendakinya).
Ketika datang Baginda Nabi bertanya, "Siapa kamu?"
Dia jawab "saya Iblis"(jujur)
"Mau apa kamu datang kemari?" kata baginda Nabi
Di jawab oleh Iblis "Alloh memerintahkan saya untuk datang kepadamu dan menjawab segala pertanyaan yang Engkau ajukan kepada saya".
Atas penyataan ini Baginda Nabi kemudian bertanya "Ada berapa sih teman-temanmu dari golongan umatku" (umat Islam), "siapa saja yang jadi teman-teman kamu iblis, menjadi antekmu, menjadi alatmu sejak dari dunia sampai ke neraka nanti".
Atas pertanyaan ini Iblis menjawab "Teman-teman saya dari golongan umatmu ya Muhammad ada 10 Orang".

Ada sepuluh Orang yang merupakan teman-teman Iblis dari dunia sampai ke neraka, "siapa mereka?"
1. Hakim yang curang, hakim yang tidak adil.
2. Orang kaya yang sombong.
3. Pedagang yang berhianat, baik sesama dengan pedagangnya, atau kepada para pembelinya.
4. Orang yang minum arak, pemabuk, bahkan di vonis tidak beriman Orang yang pada saat meninggal dunia didalam perutnya itu masih ada minuman yang memabukan.
5. Pemfitnah, tukang-tukang fitnah. Fitnah lebih bahaya dari pembunuhan,
6. Orang yang riya. Beramal cuma ingin di puji orang,ingin dilihat orang, tidak ada ikhlas.
7. Orang yang memakan harta anak yatim.
8. Orang yang mengangap ringan sholat.
9. Orang yang nggan membayar zakat.
10. Orang yang terlalu panjang angn-angan. penghitung bintang dilangit. Tidak mau berbuta cuma angan-angan kelewat panjang.

    Sobat, kalau kita sudah tahu itulah teman-teman setan, teman-teman iblis, mari kita berusaha jangan termasuk kedalam salah satu dari sepuluh orang yang menjadi teman iblis.

   Cara untuk mengatasinya bagai mana? Imam Al Ghazali memberikan tuntunan,
- Pertama untuk mengatasi perangkap setan jangan sampai kita termasuk teman setan, Ziqirulloh, banyak ingat Kepada Alloh.
- Yang Kedua, Jangan mendekati tempat maksiat.
- Yang ke tiga, mengosongkan perut (rajin puasa)
- Yang terakhir kata Imam Al Ghazali ialah Hendaknya kita selalu ingat bahwa tujuan iblis dan setan adalah menjerumuskan manusia, menyengsarakan manusia, supaya kita menjadi teman mereka di neraka nanti. Kalau ingat itu Insalloh kita bisa mengendalikan diri.

   Sekian saja kutipan ini saya rangkum dari ceramah KH Zainuddin MZ. Semoga bermanfaat. Dan untuk lebih jelas lagi bisa anda Download disini.

About the Author

Emmethe Rhamadhan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

31 komentar:

  1. setan sekarang banyak bgt ya, kayaknya bakalan bikin party tuh ntr di neraka,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe :D
      semoga kita tidak termasuk kedalanya sob .. aamiin :)

      Delete
  2. na'udzubillaah, semoga saya tidak termasuk dalam golongan tsb..

    ReplyDelete
  3. Semoga kita semuah tidaktermasuk dari 10 golongan teman setan di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob seoga kita bisa mengendalikan diri ya .. aamiin.. :)

      Delete
  4. wah banyak banget ya teman setan, tak ada yang aku ingin kenali ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... hehe :D sekedar tau ja , ga knal ga apa2 hehe :)

      Delete
  5. yang panjang angan-angan, kadang kerasa dikit, jangan-jangan masih ada di diri saya. na'udzubillaah.

    ReplyDelete
  6. yang pertama itu sepertinya sudah banyak contoh kejadiannya di negri ini :)

    ReplyDelete
  7. si iblis itu bisa baca tulisan arab ya,,,
    قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ثُمَّ لآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ وَلاَ تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

    ReplyDelete
  8. wah wah jadi tahu nih 10 setan dunia akhirat sobat, hehhe

    ReplyDelete
  9. kasian amat ya kalo jadi setan di dunia dan akhirat,
    jadi artisnya kapan? :D

    ReplyDelete
  10. nomer satu yang paling penting gan. hakim di sini maksudnya juga aadalah pemimpin. karena pemimpin menjadi hakim, penentu keputusan. klo dia curang, maka dia akan menyesatkan banyak orang.

    btw klo templatenya ud bener, syukur lah.
    ane nanya dong, ente open id nya bikin sendiri atau bawaan? ane pengen oui bikin open id, tapi yang keluar kaya gini ni.

    angka angka doang. ajarin dong.

    ReplyDelete
  11. semoga kita semua tidak termasuk dari yang sepuluh itu dan di hindarkan dari segala keburukan....

    ReplyDelete
  12. owh.. iblis itu nama dari setan ya...

    ReplyDelete
  13. Ya Allah semoga saya tidak termasuk kedalam golongan ini... Amin

    ReplyDelete
  14. Wah disini ngebahas tentang setan/iblis, dibahasnya detail juga xixixixi...

    Semoga aja kita terhindar dari keburukan yang di buat oleh si setan itu :D

    ReplyDelete
  15. wahh ini kan bulan ramadhann...
    maunya post aja ttg ramadhan.
    kok ttg setan sihh.
    tapi nda apa lah.
    hadir untuk meramaikan suasana

    ReplyDelete
  16. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  17. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  18. . . semoga aja aq bukan setan dan setan pun menjauh dari diri ku. huhh . .

    ReplyDelete
  19. Semoga Kita Tidak Termasuk Dalam 10 Golongan Teman Setan, Amin..

    ReplyDelete
  20. Assalamu'alikum ma'af adminane mohon ijin mau di sher buat ngisi materi sanlat

    ReplyDelete
  21. Ya Allah ya tuhanku,semoga hamba mu ini tidak termasuk dalam golongan syaitan...Aminnn

    ReplyDelete
  22. Ya Allah ya tuhanku,semoga hamba mu ini tidak termasuk dalam golongan syaitan...Aminnn

    ReplyDelete
  23. ngeri bgt ya, semoga kita tidak termasuk dan selalu dijauhkan

    Salam - cara mengatasi keputihan

    ReplyDelete

 
Emmethe Share © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com