Puasa Tanpa Sholat Sah Ga ?


Beberapa waktu lalu saya ditanya sama seorang teman. dengan pertanyaan "
Puasa kalau ga sholat sah ga?"
saya sedikit bingung dengan pertanyaannya, Karena sholatkan tiangnya agama...  dan begitu pula puasa juga wajib,mestinya dijalankan semua....

Kenapa teman saya mengajukan pertanyaan seperti itu? Ternyata dia disana kerja sebagai pembantu rumah tangga, namun bosnya yang punya rumah dan angota keluarga di situ semuanya non muslim, Bosnya kurang begitu pengertian dengan hak pembantunya. singkat cerita dia disana tidak diperbolehkan sholat.

Penyesalan pun ada di benak dia, hanya mencari nafkah untuk mengidupi keluarganya, harus membayar dengan meninggalkan perintah agama... mau gimana lagi ... mungin bisa mencuri-curi waktu untuk melakukan sholat...

Sekian saja penggalan cerita dari kisahnyata ini... setelah dengar pertanyaan itu saya juga bertanya ke beberapa teman yang lebih dalam ilmu agamnya. dan jawaban saya seperti ini : 
Sah tidaknya puasa, hanya Allah yang menilai, karena berpuasa juga merupakan ibadah yang berpahala jika dikerjakan karena Allah ta'ala. jadi, mengerjakannya lebih baik (walaupun tidak sholat)
  • yang penting kamu sahur... Alloh maha mengetahui niat seseorang...

Dan saya sangat berterimakasih bila sobat memberikan pendapat,info, atau ilmu di kolom komentar  tentang  pertanyaan ini: "Puasa kalau ga sholat sah ga?"

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa...

About the Author

Emmethe Rhamadhan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

21 komentar:

  1. ane ga faham gan kalau soal keagamaan.,

    lebih afdol tanya ke ustadz aja :)

    ReplyDelete
  2. @Candra: iya ,, lagi pengen tau lebih banyak lagi dari pendapat-pendapat sobat yang berkunjung ,,, :)

    ReplyDelete
  3. kalau sholat wajib dijalankan rasanya berpuasa bagai keindahan tiada tara, tapi puasa aja ga sholat itupun kurasa boleh ya, Allah kan maha tahu keadaan dan kondisi hambanya... :)

    ReplyDelete
  4. menurut ane, puasa tanpa sholat tetap sah sob, selama kita memenuhi syarat dan rukunnya dan menjauhi hal-hal yang dilarang selama berpuasa. adapun jika meninggalkan sholat itu masalah lain, dan ini tidak bisa ditolerir, shaolat adalah pertama kali yang akan di hisab diakhirat kelak, sesempit apapun waktu sebaiknya tidak meninggalkan sholat, semoga Allah mengampuni dan memberikan kemudahan.amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama om muro'i ...

      Komen saya udah diwakilin tuh :D

      Delete
    2. hhmmm ^_^ iya ya ,, smoga aja Alloh mengampuni dosanya aamiin ...

      Delete
  5. yo tak bisa-lah itu, puasa tanpa sholat tidak dibenarkan dalam agama Islam

    ReplyDelete
  6. sesungguhnya amalan yang pertama dihizab adalah ibadah sholat, baru kemudian menyusul amalan lainnya termasuk puasa...jadi puasa tanpa melakukan ibadah sholat adalah sia-sia belaka, tak ada yang didapat kecuali lapar dan dahaga.
    Bila bos yang non muslim tidak memperkenankan untuk beribadah, sebaiknya cari tempat kerja yang lain saja..karena itu sudah merusak akidah ke Islaman...salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sudah saya sarankan sih ,, tp udah trikat perjanjian katanya , ya mudah2n di ampuni dosanya... :(

      Delete
  7. menurut saya, sah atau tidak nya amalan kita hanya allah yang tahu. kita hanya diwajibkan menjalan kan nya saja dengan sebaik mungkin. saya tidak berani memvonis sah atau tidak nya, karena itu hak allah. tapi saya rasa, shalat memang harus di kerjakan bagaimana pun cara nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner sob hanya Alloh yang menentukan sah tidaknya puasa...

      Delete
  8. tapi sebaiknya puasa dibareningi dengan sholat, apalagi sholat 5 waktu yg sudah menjadi kewajiban kita semua...

    ReplyDelete
  9. Klo puasanya sih secara fiqih memang tetap syah, tapi masalah shalat yang ditinggalkan sama dengan membuat dosa baru...

    secara hitung-hitungan berarti orang tsb berbuat pahala tapi juga berbuat dosa... sia2 donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ya sob ,, istilahnya menggali lobang dan menutup lobang ,, :D
      katya bayar utang ya...

      Delete
  10. wah kejam amat tu bosnya... suruh pindah kerumahku aja gan. mau ga?

    btw klo menjawab pertanyaa itu, klo menurut ane si puasanya sah. karena tidak solat itu tidak membatalakn puasa, tapi tetap saja dosa karena tidak solat. gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh sob .... wkwk :))
      iya bnr karna ga solat tidak membatalkan puasa... ::)

      Delete
  11. wahahh sayaa gak paham nih soal agama, saya gak berani komentara banyak,,
    ilmu saya masih cetek sob

    ReplyDelete
  12. rukun islam tentunya menjadi 5 tonggak yang tak terpisahkan. puasa iya, shalat juga harus iya. meski apapun jua tantangan dan hambatannya.

    ReplyDelete

 
Emmethe Share © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com