Pertunjukan Drama

       Drama merupakan seni pertunjukam yang menampilkan pembawaan suatu lakon/kisah.
Pembawaan kisah itu dilakukan diatas pentas/atau panggung oleh beberapa orang pemeran. kisah drama dapat ditulis dalam bentuknaskahlalu di hafal oleh para pemainnya, tetapidapat juga diperankan scara inprovisasi berdasarkan suatu sinopsis.
      Drama yang berisi kisah sedih disebut drama tragedi. Drama ersebut dianggap berhasil kalau membawa penonton meneteskan air mata. Sedangkan drama yang berisi kisah lucu disebut drama komedi. Drama ini dianggap berhasil kalau bisa membawa penonton tertawa.

a. Drama
      Secara garis besar di dalam pengertian drama ada dua aspek, yaitu aspek sastra yang dibukukan /ditulis dalam bentuk naskah drama dan aspek pementasan untuk membawahkan naskah tersebut.


  • Aspek sastra
Unsur instrinsik drama pada dasarnya sama dengan prosa. Dalam drama terdapattema, amanat, alur, tokoh dan karakter, gaya bahasa, dsb. Namun,  di dalam drama tidak terdapat sudut pandang. Hal khusus lain dalam naskah drama ialah terdapatnya petunjuk-petunjuk tentang aspek pementasan, seperti seting atau latar,akting, lighting(pencahaya), bloking, dsb.
Biasanya petunjuk-petunjuk itu di dalam naskah drama ditulis secara berbeda dengan bagian dialog,misalnya ditulis dengan huruf besar semua, atau diletakan dalam kurung.

  • Aspek pementasan
Jika kit a menyaksikan drama yang dipentaskan, kita dapat mengidentifikasi kemungkinan adanya unsur-unsur berikut:
- seting panggung dan kelengkapanya sebagai latar cerita
- pemeran/pemain: Orang-orang ang membawakan tokoh-tokoh dalam drama
- monolog: percakapan seorang diri
- akting: cara-cara pemeran berbuat dalam berkespresi
- bloking: tata posisi para pemain di panggung
- tata artistik: musik ilustrasi, rias (make up), busana, pencahayaan (lighting)

      Kalau kita akan membuat ulasan/resensi drama, pada umumnya kita akan membahas/ mengkaji unsur-unsur intristik di atas dengan tidak tertutup kemungkinan mengkaitkannya dengan unsur-unsur ekstrinstik dan hubungan intertekstualitas dengan karya yang lain.

About the Author

Emmethe Rhamadhan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

 
Emmethe Share © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com